Monday, June 6, 2011

Manfaat kapur sirih

Sobat, siapa yang suka masakan khas Indonesia..seperti kare ayam, soto, opor? hmm...lekker. Saya sendiri termasuk penggemarnya..hehe. Tapi, jika masakan itu menodai baju atau taplak meja kesayangan...pasti sebel deh.

Saya mau berbagi nih...Beberapa waktu yang lalu, baju suami saya terkena noda soto. Wah sayang sekali...padahal bajunya berwarna putih. Pingin dicuci pake pemutih? hmm...di sini kayaknya ga ada yang jual *ayclin. Lalu saya teringat pengalaman serupa ketika di Indo dulu, kalau ga salah ibu saya menyarankan dicuci pakai kapur sirih (kapur yang biasa dipakai emak-emak "nyirih" atau yang dijadikan bahan tambahan untuk bikin klepon/onde-onde). Okee...saya mulai ngintip di rak dapur. Alhamdulillah...masih ada persediaan kapurnya.

Saya ambil baju yang ternoda masakan berbumbu "kunyit/kunir", saya basahi bagian nodanya. Lalu ambil bubuk kapurnya (secukupnya), kucek-kucek. Warna kuningnya pun mulai memudar. Untuk hasil yang lebih optimal, saya merendam bagian yang ternoda dengan larutan kapur (air+kapur sirih). Setelah itu bilas dan cuci dengan sabun. Insya Allah...noda kunyit-nya akan hilang.

No comments:

Post a Comment